Jumat, 05 Januari 2018

KOMUNIKASI BISNIS # (SOFTSKILL)

TUGAS 3
INDIVIDU

NEGOSIASI JUAL – BELI SEPEDA

Pada jam 09.00  pagi Pembeli menghubungi Penjual untuk menanyakan kebenaran informasi tentang sepeda yang dijual oleh Penjual. Dalam percakapan tersebut Penjual meminta Pembeli untuk bertemu secara langsung pada pukul 16.00 di rumah Penjual untuk melakukan negosiasi jual beli sepeda sekaligus melihat sepeda yang dijual secara langsung. Pukul 16.00 tiba, Pembeli dan Pembeli pun memenuhi janji untuk bertemu.

ORIENTASI
Pembeli           : Assalamualaikum .. Selamat sore mbak.
Penjual            : Waalaikumsalam .. Selamat sore,  dengan saudari Mitha ?
Pembeli           : Benar mbak, saya Mitha  yang menghubungi mbak pagi tadi.

PERMINTAAN
Penjual            : Baiklah silahkan masuk dan silahkan duduk. Langsung ke inti nya saja,
apa benar mbak tertarik dengan sepeda yang di iklankan di Toko Bagus itu?
Pembeli           : Betul mbak, dari foto yang ditampilkan di Toko Bagus, saya tertarik ingin
melihat fisik asli sepeda tersebut secara dekat, karena berdasarkan foto yang
saya lihat, kelihatannya sepeda mbak masih dalam keadaan baik dan baru.
Penjual            : Ohh itu betul sekali , sepeda itu baru saya beli sekitar 1 tahun yang lalu,
dan kondisinya masih bagus, saya menjualnya karena sepeda ini sudah
jarang saya pakai.
Pembeli           : Mengapa sepeda ini jarang mbak pakai? Apakah sepeda ini rusak ?
Penjual            : Oh tidak, saya tidak memakai sepeda ini karena saya memiliki sepeda
                          motor.
Pembeli           : Oh begitu mbak, kalau begitu bisa saya lihat sepeda itu sekarang?
Penjual            : Bisa, mari kita menuju ke halaman belakang rumah.
Pembeli           : Mari
Penjual            : Nah ini sepedanya, masih bagus bukan?
Pembeli           : Iya mbak, persis seperti di foto warnanya masih mengkilat seperti baru.
Penjual            : Tentu saja, karena sepeda ini selalu saya rawat.
Pembeli           : Sangat menarik sekali sepeda ini mbak, bolehkah saya mencobanya.

PEMENUHAN
Penjual            : Oh iya , silahkan.
Pembeli           : Terimakasih mbak. ( Langsung mengkayuh sepedanya )
Penjual           : (Setelah saudari Mitha selesai mengecek sepeda tersebut). Bagaimana?
 mbak nyaman bukan?

PENAWARAN
Pembeli           : Iya mbak, bicara mengenai barang kan sudah jelas ni mbak, bagaimana
   kalau harga yang mbak  tawarkan?
Penjual            : Untuk masalah harga, setelah saya cari informasi dari berbagai
  sumber mengenai harga sepeda Polygon Slimm, saya mematok harga
  Rp 2.500.000.
Pembeli           : Waaah, harganya cukup tinggi ya mbak.
Penjual            : Iya itu sesuai dengan kondisi sepedanya mbak, itu harga yang
  saya tawarkan. Sekarang berapa harga yang mbak tawarkan?
Pembeli           : Bagaimana kalau saya menawar seharga Rp. 1.800.000 ?
Penjual            : Waahh, itu terlalu rendah. Mbak sudah tahu kondisi sepeda ini.
   Jadi saya rasa tawaran dari mbak Mitha masih jauh dibawah harga
   standarnya.
Pembeli           : Jika dilihat dari keadaan sepeda, keadaan nya masih bagus, tapi
  anggaran hanya segitu mbak, bagaimana kalau saya naikkan
   Rp. 100.000 mbak ?
Penjual            : Kalau segitu , saya belum bisa melepas sepeda ini. Bagaimana 
                          kalau saya beri pilihan, kalau mbak Mitha benar-benar menginginkan
  sepeda ini,  saya bisa memberi waktu 1 minggu untuk melunasi.
  Bagaimana mbak Mitha ?
Pembeli           : Alternatif yang bagus mbak. Sebenarnya saya memang tertarik
  dengan sepeda ini. Tapi masalah harga yang belum sesuai.
  Bagaimana kalau saya naikan menjadi Rp. 1.950.000 mbak? 
Penjual            : Begini saja mbak Mitha, sepeda ini akan saya lepas dengan harga
  Rp. 2.000.000, itu sudah saya kurangkan Rp. 500.000. Jika dibawah
  harga ini, saya tidak bisa melepas sepeda ini. Jadi bagaimana mbak?

PERSETUJUAN
Pembeli           :  Baiklah mbak saya setuju, tetapi pembayarannya sesuai dengan 
                           alternatif yang telah disepakati tadi.
Penjual            : Baiklah mbak Mitha. Jadi pembayarannya tunai atau bagaimana?
Pembeli           : Pembayarannya separuh tunai disini, dan separuhnya lagi
   jika sepeda telah saya terima, Bagaimana mbak?

PEMBELIAN
Penjual            : Baiklah mbak Mitha, Silahkan tanda tangan disini (sambil mengajukan
  surat jual beli dan melakukan pembayaran). Terimakasih mbak Mitha,
  senang bekerja sama dengan anda, semoga beruntung dengan sepeda ini.
Pembeli           : Terimakasih kembali  mbak, saya juga merasa senang bekerja sama
  dengan anda. Baiklah mbak, saya tunggu kedatangan sepeda ini, 
  ini alamat rumah saya ( sambil menunjukan alamat rumah ).

PENUTUP
Penjual            : Baiklah mbak Mitha,hati-hati di jalan.
Pembeli           : Sekali lagi terimaksih mbak, dan selamat sore.
Penjual            : Sama – sama mbak Mitha. Selamat sore.



KETERANGAN
Penjual     = Dian Nurajifah                      (12214988)
Pembeli    = Mitha Rizky Oktaviana         (16214681)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar